Login

Register

A password will be sent to your email address.

What about Packaging Label?

What about Packaging Label?

What is Packaging Label? All packaged food products or drinks … Setiap produk makanan atau minuman kemasan memiliki label yang berisi informasi nilai gizi dari produk tersebut. Sesuai penjelasan Badan Pengawas Obat & Makanan ( BPOM ),  baca Label kemasan dengan cermat, ini salah satu pedoman gizi seimbang.

Ada komposisi pangan dan nutrisi dibagian belakang kemasan. Informasi Nutrisi Makro  ( Lemak, protein, karbohidrat termasuk gula ) dan nutrisi mikro, serta porsi konsumsi ( serving size ).  Komposisi pangan memberikan bahan apa saja yang terkandung di dalam makanan, dimulai dari yang banyak digunakan hingga yang paling sedikit digunakan.

Sesuai WHO ( Organisasi Kesehatan Dunia )  panduan konsumsi takaran gula 19 gram atau setara dengan 4 sendok teh per hari. Takaran gula yang tertera pada kemasan.  Contohnya seperti kental manis  dan kopi sachet.

Tanggal kadaluarsa atau tanggal baik digunakan.  Sebenarnya tidak ada garansi dalam mengonsumsi makanan yang sudah kadaluarsa.  Hindari jika makanan kemasan tidak ada tanggal kadaluarsanya.

Hindari membeli  Mutu/kualitas dan perubahan rasa setelah melewati tanggal baik digunakan.

Hindari membeli makanan kemasan yang memiliki banyak bahan bahan  pengawet, atau gula berlebihan, zat aditif.

 

No comments yet.

Leave a Reply